Konstruksi

Apa Saja Merek-Merek Alat Berat dan Spesifikasi

Apa Saja Merek-Merek Alat Berat dan Spesifikasi

Merek alat berat dapat mempengaruhi kualitas sekaligus menunjang pekerjaan konstruksi. Terdapat beragam alat berat dengan merek dan spesifikasi yang sering dipakai dalam kegiatan proyek maupun konstruksi.

Konstruksi bangunan membutuhkan perlengkapan alat untuk mempercepat dan mempermudah pekerjaan. Sebuah proyek besar memerlukan kualitas dan kemampuan penggunaan alat yang akan digunakan. Kualitas alat dipengaruhi oleh merek alat berat. Selain itu, spesifikasi peralatan untuk penggalian maupun pengangkutan juga disesuaikan dengan pelaksanaan kerja.

Alat berat merupakan mesin dengan ukuran besar yang dirancang untuk menjalankan pekerjaan konstruksi. Beberapa diantaranya seperti pembangunan jalan. Pengerjaan tanah, pembangunan bangunan, perkebunan maupun pertambangan.

Peralatan berat dapat digunakan untuk menunjang eksplorasi tambang maupun infrastruktur. Keuntungan menggunakan alat berat yaitu waktu yang diperlukan singkat, tenaga lebih besar, ekonomis dan lain sebagainya.

Baca juga: Pabrik Alat Berat

Beragam Spesifikasi Peralatan dan Merek Alat Berat Konstruksi

Exacavator

Alat berat ini terdiri atas lengan, boom dan bucket atau alat keruk. Ekskavator digerakkan oleh tenaga hidrolis yang dihidupkan oleh mesin diesel dan terletak di atas rodak rantai. Backhoe memakai prime move excavator. Terdapat bagian-bagian penting excavator seperti:

  1. Revolving unit yang terletak di bagian atas dan bisa berputar
  2. Travel unit digunakan berjalan terletak di bagian bawah
  3. Attachment yang dapat dilakukan pergantian

Backhoe dimanfaatkan untuk menggali tanah yang letaknya berada di bawah kedudukan bakchoe. Keuntungan menggunakan ekskavator ini yaitu, penggalian dilakukan dengan kedalaman lebih teliti dan alat pemuat untuk truck. Gerakan pada backhoe dalam operasi terdiri atas:

  1. Land Bucket
  2. Swing Loaded
  3. Dump Loaded
  4. Swing Empty

Keseluruhan gerakan tersebut dapat membantu estimasi jangka waktu siklus. Namun, terdapat faktor yang mempengaruhi faktor siklus seperti ukuran. Semakin kecil maka siklus menjadi cepat dibandingkan backhoe yang lebih besar.

Baca juga: Harga Sewa Exacavator

Penghitungan cut fill memerlukan sepsifikasi alat berat ekskavator. Hal tersebut dilakukan agar pekerjaan dapat terselesaikan secara optimal baik dari biaya maupun waktu. Terdapat beberapa jenis merek alat berat beserta spesifikasi ekskavator :

Komatsu Pc 200-8

Ekskavator ini memiliki spesifikasi boom size 5700 m dengan heavy duty type. Arm size 2900 m dengan heavy duty type. Bucket size 0,97 m 3. Arm crowd force 11.000 ISO Kgf. Bucket Crowd force 15200 ISO kgf. Digging depth max. 6620 mm. Radius swing sekitar 2.750 mm dan ukuran maksimal mencapai level tanah berkisar 2,750 mm. Selain itu, merek alat berat ekskavator yang dipakai ialah Komatsu Pc210LC-10

Baca juga: Harga sewa dozer

Dump Truck

Penggunaan dump truck digunakan sebagai alat transpotrasi untuk memindahkan material dari satu lokasi menuju lokasi tujuan. Biasanya digunakan secara bersamaan dengan alat berat lain. Seperti, backhoe, loader dan lain sebagainya. Terdapat syarat agar dumpt truck dapat digunakan secara efektif.

Syaratnya jalanan yang dilalui harus kerasa dan permukaannya rata. Namun, terdapat jenis dump truck yang dirancang memiliki cross country ability yaitu mampu berjalan di luar area jalan biasa. Kemampuan truck dapat menerima bahan tergantung besaran kapasitas angkutan. Berikut terdapat spesifikasi alat berat dump truck:

  1. Hino Dutro 130 HD Dump Truck 5 m Kubik
  2. Hino Dutro 130 HD Dump Truck 7 m Kubik
  3. Hino Dutro 130 HD Dump Truck 20 m Kubik

Berdasarkan kapasitasnya, dari ketiga merek alat berat di atas yang memiliki kapasitas terbesar yaitu Hino Dutro 130 HD Dump Truck 20 m kubik. Ukuran dimensi panjang, lebar dan tingginya bernilai 6 meter, 2,5 meter dan 1,5 meter. Sedangkan, ketebalan lantainya 6 mm. Tebal plat dinding mencapai 5 mm sedangkan jarak antar member 60 cm dengan sistem hydraulic 30 ton.

Merek Alat Berat Komatsu Wheel Loader

Alat berat ini memiliki gerakan dasar pada bucket dan cara mengangkut muatan untuk dilakukan pemuatan ke alat angkut lain. Gerakan bucket yang dianggap penting ialah menurunkan bukcet yang terletak di atas uka tanah, menggusur, mengangkat bucket dan membawa serta membuang material.

Anda memerlukan jasa sewa crane? lihat di harga sewa crane

Terdapat beberapa cara pemuatan alat berat seperti dump truck. Diantaranya, V loading (pemuatan dengan lintasan bentuk V), dump truck berada di belakang loader, cross loading dan overhead loading. Terdapat merek alat berat wheel loader yang dipakai seperti:

  1. Wheel Loader Komatsu WA200PT-5
  2. Wheel Loader Komatsu WA320PT-5

Spesifikasi dari kedua merek alat tersebut memiliki beberapa kesamaan dan perbedaan. Letak perbedaannya pada ukuran Net Power, Gross Power, Full Capacity dan Bucket Capacity Heaped. Hal ini dikarenakan kapasitas Wheel Loader Komatsu WA320PT-5 lebih besar dibandingkan Wheel Loader komatsu WA200PT-5. Sedangkan kesamaannya pada kecepatan maksimum forward dan kecepatan masimum reverse serta number of cylinder

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *